Categories: Uncategorized

Tips & Trik Cara Mudah Menulis Berita Hanya Dengan 6 Langkah | Flannery;s Blog


Kirasan.id, Lampung – Artikel berita yang beredar di media saat ini mungkin sangat berbeda dengan beberapa tahun lalu. Karena saat ini berita harus ditulis sesingkat dan sesingkat mungkin, namun tetap ada unsur 5W1H yang merupakan unsur penting dalam penulisan berita. Nah bagaimana cara menulis berita dengan mudah, yuk kita simak langkah-langkah sederhananya.

Cara menulis berita untuk pemula

Bagi Anda yang mulai ingin menulis berita dengan baik dan benar, berikut langkah-langkah sederhana menulis berita untuk pemula:

1. Pilih topik “panas”

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat menulis berita adalah memilih topik yang sedang trending. Selain memudahkan Anda dalam menggali informasi, menulis berita tentang topik “hot” saat ini juga akan memudahkan Anda untuk “melibatkan” pembaca.

2. Pilih perspektif yang berbeda

Untuk membedakan berita yang Anda tulis dan mendapatkan lebih banyak pembaca, Anda harus bisa membuat berita dari sudut yang menarik, dan dari sudut yang berbeda.

Misalnya, ketika ada informasi peluncuran aplikasi program pembelajaran, Anda tidak perlu langsung menulis deskripsi aplikasi tersebut. Namun, coba beri tahu kami tentang latar belakang pembuatan aplikasi dan berapa lama prosesnya.

3. Masukkan hanya informasi penting

Seperti yang dibahas pada paragraf kedua, salah satu tantangan yang dihadapi penulis saat ini adalah menulis berita sesingkat mungkin. Karena rata-rata panjang berita saat ini hanya 500 kata. Beberapa cerita bahkan kurang dari 300 kata.

Jadi, saat menulis berita, biasakan untuk hanya memasukkan informasi yang benar-benar Anda butuhkan. Juga, saat menulis berita, jangan lupa untuk memasukkan informasi terpenting di awal. Seperti tanggal, lokasi, dan informasi penting lainnya dari acara tersebut.

Jika Anda benar-benar ingin menulis artikel konten yang hanya membahas satu topik, seperti yang sedang Anda baca sekarang, itu berbeda.

4. Pernyataan sumber input

Agar berita yang Anda tulis terlihat meyakinkan dan kredibel, jangan lupa sertakan pernyataan sumbernya. Misalnya, ketika Anda ingin menulis berita tentang peluncuran aplikasi pembelajaran, Anda dapat menulis pernyataan dari pelopor dalam pengembangan aplikasi.

Usahakan agar pernyataan yang Anda tulis berisi informasi yang sangat penting, seperti “Saya membuat aplikasi ini karena saya ingin membantu anak-anak yang tidak memiliki akses ke bimbingan belajar.”

Jika Anda tidak bisa mendapatkan pernyataan sumber secara langsung, terkadang Anda juga bisa mengutipnya dari situs berita lain. Namun, jangan lupa untuk menyertakan sumbernya, dan jika perlu, detail saat Anda mengutip berita, seperti tanggal dan tanggal.

Juga, jika memungkinkan, batasi kebiasaan mengutip berita lain. Karena bagaimanapun kabar baik adalah berita yang sebenarnya, penulis mendapatkannya langsung dari sumbernya. Jika perlu, Anda juga dapat mengutip berita dari situs lain, karena berita tersebut berasal dari luar negeri.

5. Gunakan kata-kata yang mudah dipahami

Hal lain yang perlu Anda lakukan saat menulis berita adalah menggunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh banyak orang. Jangan menggunakan kata-kata yang tidak dapat dipahami hanya karena Anda ingin berita yang Anda tulis terlihat seperti sebuah karya sastra yang indah dan berbeda. Misalnya, Anda menggunakan kata “ada” padahal kata itu bisa diganti dengan “ada”.

Artikel yang memuat berita memang merupakan karya seni atau sastra. Namun, berita tidak selalu harus ditulis dalam istilah puitis seperti seorang penulis. Karena hal terpenting yang harus dilakukan saat menulis berita adalah memastikan pesan yang Anda tulis dapat dipahami oleh pembaca.

6. Tulis berita seobjektif mungkin

Menulis berita yang objektif atau netral yang tidak mengarahkan pembaca pada satu sudut pandang adalah hal penting yang juga harus Anda kuasai.

Karena sebagai seorang penulis, Anda harus memberi kesempatan kepada pembaca untuk menilai suatu peristiwa dari sudut pandangnya sendiri, apakah pembaca ingin menilai berita itu buruk atau baik, dan tidak digiring ke opini.

Ingatlah kembali bahwa prinsip menulis berita adalah menyajikan suatu peristiwa dan menginformasikan kepada pembaca, bukan untuk mengarahkan pembaca menyukai atau membenci sesuatu.

Nah, itulah beberapa langkah sederhana menulis berita untuk pemula yang bisa Anda lakukan.

Ikuti artikel lainnya berita Google



Situs Casino Online

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Mantan Kapolda Lampung Bantu Tengahi Sengketa lahan di Sukarame Bandar Lampung | Flannery;s Blog

Kirasan.idBanda Lampung – Mantan Kapolda Lampung Ike Edwin juga mengomentari sengketa tanah yang sedang berlangsung…

2 hari ago

Harga BBM Kembali Naik, simak Harga Terbarunya! | Flannery;s Blog

PT Pertamina kembali menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk tiga bahan bakar nonsubsidi. Jakarta,…

1 bulan ago

Warga Kalianda Tewas Usai Tabrak Truck Colt Disel di Jalinsum Kalianda, Begini Kronologinya! | Flannery;s Blog

Lampung, KILISAN.id – Pengendara sepeda motor Suzuki Satria meninggal di rumah sakit setelah menabrak truk…

1 bulan ago

Niat Puasa Arafah Idul Adha, Bagaimana Niatnya dan Apa Keutamaannya? | Flannery;s Blog

KILASAN.id, Lampung Di bulan Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan untuk mengamalkan puasa sunnah, seperti puasa Arafah,…

1 bulan ago

Bukti Nyata! Respek Peduli Lampung Bantu pasien Tumor Rahang hingga sembuh | Flannery;s Blog

Mujali diketahui telah menderita tumor rahang selama lebih dari setahun dan harus menjalani operasi untuk…

2 bulan ago

Cari Pemimpin Terbaik Gerakan Pramuka, Kwaran Gedongtataan adakan Musran | Flannery;s Blog

Pesawaran Gedongtaaan Quarter Scouting mengadakan Musyawarah Cabang (Musran) pada Rabu (22/6/2022) di Aula RM 6…

2 bulan ago