Categories: Uncategorized

Daftar 6 Gunung di Sumatera yang Masih Aktif | Flannery;s Blog


Kirasan.id Sumatera adalah salah satu pulau milik negara terbesar di Indonesia. Sumatera memiliki bentang alam yang beragam, mulai dari pegunungan dataran tinggi hingga kawasan pesisir yang indah.

Berbicara tentang gunung, ada cukup banyak gunung di Sumatera, bahkan ada yang tercatat sebagai gunung aktif.

Jadi gunung apa? Mari kita lihat!

1. Gunung Sinabung

Yang pertama adalah Gunung Sinabung, yang termasuk gunung berapi di Dataran Tinggi Karo Sumatera Utara. Puncak setinggi 2.460 meter tersebut merupakan puncak bertipe stratovolcano yang termasuk puncak teraktif di Sumatera.

Padahal, Gunung Sinabung belum tercatat meletus sejak tahun 1600, namun tiba-tiba aktif kembali, meletus pada 27 Agustus 2010. Gunung Sinabung terakhir meletus pada 2 Maret 2021.

Letusan tersebut menghasilkan gumpalan abu setinggi 5.000 meter, dan material awan panas mencapai Sungai Lauberus. Sehingga, hingga saat ini status Gunung Sinabung masih berada pada level 3 atau siaga.

2. Bukit Clinch

Kemudian yang kedua adalah Gunung Clinch yang juga dikenal dengan Gunung Garda yang terletak di perbatasan antara Jambi dan Sumatera Barat. Dengan ketinggian 3.905 meter di atas permukaan laut, gunung ini merupakan puncak tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Jaya Wijaya di Papua.

Gunung Clinch diklasifikasikan sebagai gunung berapi aktif, dengan letusan terakhir yang tercatat pada tahun 2009. Di sisi timur laut gunung ini terdapat kawah berukuran 400 x 120 meter dan berisi air berwarna hijau.

Gunung ini adalah rumah bagi sekitar 15 danau, yang terbesar adalah Danau Kerinci. Danau ini memiliki luas 4.200 hektar dan berada 650 meter di atas permukaan laut.

Ada juga Danau Gunung Tujuh, sebuah danau kawah yang terbentuk dari gunung berapi yang sudah punah dan dikelilingi oleh tujuh puncak. Bahkan Danau Gunung Tujuh merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara dengan ketinggian 1996 meter di atas permukaan laut.

Clinch Mountain adalah gunung tipe A aktif dengan letusan tipe Hawaii dan letusan eksplosif. Gunung ini telah diklasifikasikan sebagai bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang luasnya mencapai 1.484.650 hektar.

3. Gunung Merapi

Selain itu, Gunung Marapi atau Volcano merupakan gunung aktif yang terletak di Sumatera Barat. Gunung ini berada pada ketinggian 2.891 meter di atas permukaan laut dan telah meletus lebih dari 50 kali sejak akhir abad ke-18.

Terletak di Pegunungan Bukit Barisan yang membentang di sepanjang Sumatera bagian selatan, Gunung Marapi adalah gunung berapi hibrida yang terakhir meletus pada April 2018.

Menurut legenda yang berkembang di sekitar, Gunung Marapi adalah tempat tinggal pertama orang Minangkabau setelah kapal mereka mendarat di gunung yang pada waktu itu masih sebesar telur dan dikelilingi oleh laut.

4. Gunung Dengbo

Untuk lokasi keempat, Gunung Denbo berada di perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu, tepat di Kota Baga Anan. Gunung ini berada 3159 meter di atas permukaan laut. Berdasarkan nama kota terdekat, titik tertinggi memiliki nama yaitu Puncak Pagar Alam.

Gunung ini merupakan salah satu gunung yang masih aktif hingga saat ini. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kali gunung tersebut berubah status dari normal menjadi waspada pada 7 Januari 2022. Bahkan gunung itu bergetar, menunjukkan peningkatan cairan ke kedalaman yang lebih dangkal.

Khususnya, Gunung Denbo telah mengalami letusan sejak tahun 1818, dengan total 21 letusan hingga saat ini. Waktu erupsi tersingkat adalah 1 tahun dan terlama 26 tahun.

5. Gunung Tandycart

Kemudian Gunung Tandicat adalah gunung berapi aktif yang terletak di dataran tinggi Minangkabau di Sumatera Barat. Gunung ini bertipe stratovolcano dengan tiga buah kawah yang disebut Kawah A, B dan K.

Gunung setinggi 2.438 meter yang dulunya merupakan pemukiman penduduk ini terletak agak jauh di luar kawasan rawan bencana, terutama di bagian selatan gunung.

Meskipun terdaftar sebagai gunung aktif, gunung ini banyak dipilih oleh pecinta alam karena jalur pendakiannya yang menantang dan keindahan alam yang masih terjaga.

6. Gunung Peuet Sagoe

Terakhir, Gunung Peuet Sagoe adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Sumatera. Situs ini terletak di Kecamatan Geumpang yang merupakan bagian dari Pemerintah Kabupaten Pidie.

Gunung Peuet Sagoe tergolong gunung api bertipe Strato dan merupakan bagian dari Cincin Api. Nama gunung tersebut berarti “empat puncak gunung berapi”, dan ketiga puncak tersebut membentuk garis lurus dari utara ke selatan. Salah satu puncak di selatan adalah puncak tertinggi.

Sedangkan puncak timur laut masih merupakan puncak aktif. Terdapat kawah yang agak melingkar dengan diameter 100 meter dan kedalaman 50 meter di sebelah timur Puncak 4.



Situs Casino Online

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Mantan Kapolda Lampung Bantu Tengahi Sengketa lahan di Sukarame Bandar Lampung | Flannery;s Blog

Kirasan.idBanda Lampung – Mantan Kapolda Lampung Ike Edwin juga mengomentari sengketa tanah yang sedang berlangsung…

2 hari ago

Harga BBM Kembali Naik, simak Harga Terbarunya! | Flannery;s Blog

PT Pertamina kembali menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk tiga bahan bakar nonsubsidi. Jakarta,…

1 bulan ago

Warga Kalianda Tewas Usai Tabrak Truck Colt Disel di Jalinsum Kalianda, Begini Kronologinya! | Flannery;s Blog

Lampung, KILISAN.id – Pengendara sepeda motor Suzuki Satria meninggal di rumah sakit setelah menabrak truk…

1 bulan ago

Niat Puasa Arafah Idul Adha, Bagaimana Niatnya dan Apa Keutamaannya? | Flannery;s Blog

KILASAN.id, Lampung Di bulan Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan untuk mengamalkan puasa sunnah, seperti puasa Arafah,…

1 bulan ago

Bukti Nyata! Respek Peduli Lampung Bantu pasien Tumor Rahang hingga sembuh | Flannery;s Blog

Mujali diketahui telah menderita tumor rahang selama lebih dari setahun dan harus menjalani operasi untuk…

2 bulan ago

Cari Pemimpin Terbaik Gerakan Pramuka, Kwaran Gedongtataan adakan Musran | Flannery;s Blog

Pesawaran Gedongtaaan Quarter Scouting mengadakan Musyawarah Cabang (Musran) pada Rabu (22/6/2022) di Aula RM 6…

2 bulan ago