Categories: Uncategorized

Awas Berita Hoax, Begini Ciri-Cirinya, dan Cara Mengatasinya | Flannery;s Blog


KILASAN.id – Hoax atau berita bohong yang tersebar di media sosial bukanlah hal yang aneh. Hal ini dikarenakan media sosial banyak digunakan di berbagai kalangan.

Lantas apa saja ciri-ciri berita hoax dan bagaimana cara mengatasinya? Mari kita lihat.

Apa itu Berita Hoax?

Berita hoax adalah berita palsu atau hoax. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hoax atau hoax adalah berita bohong atau berita tanpa sumber.

Hoax adalah informasi yang tidak benar. Alih-alih berpura-pura itu nyata dan memverifikasi kebenaran. Dengan kata lain, upaya untuk mendistorsi kebenaran.

Apa ciri-ciri berita hoax?

Setelah kita mengetahui definisi hoax, berikut beberapa ciri umum hoax yang bisa kita pelajari:

– Berisi informasi yang membuat pembaca cemas atau panik.

– Terakhir menghimbau kepada para pembaca untuk segera menyebarluaskan peringatan tersebut ke forum yang lebih luas. Hoax memanfaatkan niat baik pembaca untuk segera menyebarkannya ke forum lain tanpa terlebih dahulu menyelidiki kebenarannya. Akibatnya, rantai peredaran data di Internet menjadi semakin padat, dan berita bohong.

– Pengirim asli lelucon tidak diidentifikasi atau diidentifikasi.

Lantas bagaimana cara mengetahui berita hoax dan berita asli?

1. Perhatikan alamat website

Informasi yang diperoleh dari situs web mungkin berisi tautan langsung, harap perhatikan alamat URL situs web target. Jika berasal dari situs web organisasi berita resmi yang belum diverifikasi, seperti menggunakan domain blog, informasi tersebut dapat dianggap mencurigakan. Menurut catatan panitia pers, sekitar 43.000 website di Indonesia mengaku sebagai portal berita.

2. Waspadalah terhadap headline yang provokatif

Berita hoax seringkali menggunakan headline yang sensasional dan provokatif. Dimungkinkan juga untuk mengutip konten dari media resmi dan kemudian memodifikasinya. Untuk menciptakan ekspektasi dari pembuat berita hoax.

3. Cek fakta

Perlu memperhatikan sumber informasi yang diperoleh. Apakah dari instansi resmi seperti KPK atau kepolisian. Jika informasi datang dari aktivis, politisi atau pengamat ormas, jangan anggap enteng.

4. Cek keaslian foto

Di era teknologi digital saat ini, selain konten tekstual, beberapa konten foto atau video juga dapat dimanipulasi. Terkadang, pembuat berita hoax mengedit untuk membuat pembaca kesal.

Jenis lelucon apa yang perlu diwaspadai?

1. Hoax tentang cerita sedih

Penipuan berikutnya adalah surat dengan pesan dari seseorang yang sakit dan membutuhkan dana untuk operasi atau pengobatan. Sering googling foto untuk simpati. Penipu juga melampirkan nomor rekening agar korban penipuan bisa segera mengirimkan uang.

2. Penipuan virus

Virus jenis hoax biasanya dikembangkan oleh hacker. Mereka menyebarkannya melalui email atau aplikasi obrolan. Penipuan jenis ini biasanya mengandung virus berbahaya di komputer atau smartphone Anda. Padahal sebenarnya baik-baik saja dan tidak terinfeksi.

3. Prank mengirim pesan berantai

Pengguna aktif aplikasi obrolan WhatsApp pasti terus-menerus menerima pesan aneh. Termasuk peringatan bahwa pesan tersebut diteruskan ke beberapa rekan lainnya karena berbagai alasan. Biasanya, jika tidak segera dikirim, pesannya adalah tentang mendapatkan semacam hadiah atau menderita karma buruk.

4. Hoax Legenda Perkotaan

Selain itu, tidak sedikit orang yang senang membaca hoax cerita legenda urban yang menyeramkan tentang tempat, objek, atau aktivitas tertentu. Penipuan semacam itu kerap mendesak warganet untuk tidak mengunjungi, membeli, atau melakukan hal-hal yang sebelumnya dianggap misterius. Penipuan semacam itu dapat berdampak negatif pada subjek berita, seperti mulai dijauhi hingga nilai ekonominya menurun. Sepintas, penipuan ini menyerupai gerakan hitam.

5. Orang iseng mendapatkan hadiah gratis

Jenis penipuan ini mirip dengan penipuan online. Orang tersebut akan mengirimkan broadcast message atau pesan pop-up yang berisi pengumuman pemenang. Di sini, korban jarang menderita kerugian moneter. Tapi mereka bisa tertipu dengan mengisi survei iklan internet.

Dampak negatifnya lebih besar lagi jika korban secara tidak sengaja menggunakan email kerjanya atau email utama untuk mendaftar survei. Jika ini terjadi, maka email iklan akan memastikan banyak lalu lintas dan sulit dihentikan.

6. Penipuan pencemaran nama baik

Sifat penipuan ini sangat berbahaya. Karena berita palsu bisa dengan mudah menyebar ke dunia maya. Dan dapat menghancurkan nama baik dan kehidupan seseorang dalam sekejap.

Bagaimana cara melaporkan hoax?

– Media sosial Facebook, Anda dapat menggunakan fitur laporkan status dan kategorikan pesan-pesan nakal sebagai ujaran kebencian/pelecehan/kasar/ancaman atau kategori lain yang sesuai.

– Dengan Google, Anda dapat menggunakan fitur umpan balik untuk melaporkan situs dari hasil pencarian jika berisi berita palsu.

– Twitter memiliki fitur report tweet untuk melaporkan tweet negatif, seperti halnya Instagram.

– Pengguna internet dapat melaporkan konten negatif atau hoax ke Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan mengirimkan email ke aduankonten@mail.kominfo.go.id.



Situs Casino Online

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Mantan Kapolda Lampung Bantu Tengahi Sengketa lahan di Sukarame Bandar Lampung | Flannery;s Blog

Kirasan.idBanda Lampung – Mantan Kapolda Lampung Ike Edwin juga mengomentari sengketa tanah yang sedang berlangsung…

7 hari ago

Harga BBM Kembali Naik, simak Harga Terbarunya! | Flannery;s Blog

PT Pertamina kembali menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk tiga bahan bakar nonsubsidi. Jakarta,…

1 bulan ago

Warga Kalianda Tewas Usai Tabrak Truck Colt Disel di Jalinsum Kalianda, Begini Kronologinya! | Flannery;s Blog

Lampung, KILISAN.id – Pengendara sepeda motor Suzuki Satria meninggal di rumah sakit setelah menabrak truk…

1 bulan ago

Niat Puasa Arafah Idul Adha, Bagaimana Niatnya dan Apa Keutamaannya? | Flannery;s Blog

KILASAN.id, Lampung Di bulan Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan untuk mengamalkan puasa sunnah, seperti puasa Arafah,…

1 bulan ago

Bukti Nyata! Respek Peduli Lampung Bantu pasien Tumor Rahang hingga sembuh | Flannery;s Blog

Mujali diketahui telah menderita tumor rahang selama lebih dari setahun dan harus menjalani operasi untuk…

2 bulan ago

Cari Pemimpin Terbaik Gerakan Pramuka, Kwaran Gedongtataan adakan Musran | Flannery;s Blog

Pesawaran Gedongtaaan Quarter Scouting mengadakan Musyawarah Cabang (Musran) pada Rabu (22/6/2022) di Aula RM 6…

2 bulan ago