Categories: Uncategorized

ART Di Godean Disiksa Majikan Dengan Keji di Yogyakarta | Flannery;s Blog


KILASAN.id, Sleman – Irmawati (29) adalah seorang Pembantu Rumah Tangga (ART) asal Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, yang diperlakukan brutal oleh majikannya Andre dan Bela. Tak hanya itu, anggota keluarga tersebut bahkan ditahan di rumah majikannya di Kapanewon Godean, Sleiman, Yogyakarta. ART ditahan dan tidak boleh keluar dengan alasan kontrak kerja.

Asisten hukum korban, Farid Iskandar, mengatakan Irmawati mulai bekerja di rumah majikannya pada 10 Januari 2022. Korban dijanjikan gaji Rp 1,7 lakh,” katanya, Selasa (19/4/22).

Korban sempat mengatakan ingin berhenti dari pekerjaannya selama dua minggu pertama karena majikannya sering dimarahi tanpa alasan. Namun, dia tidak bisa berhenti karena majikannya meminta korban untuk mencari penggantinya terlebih dahulu. Korban tidak dapat memenuhi syarat ini.

Selama bekerja di rumah, korban tidak mendapatkan gaji yang dijanjikan. Pada bulan pertama, ia hanya menghasilkan 1,1 juta rupiah, kemudian bulan berikutnya, ia hanya menghasilkan 700.000 rupiah. Bahkan di bulan ketiga, korban tidak menerima upah sama sekali. “Alasannya, korban dianggap tidak bisa bekerja dengan serius, padahal itu tidak benar,” katanya.

Maret lalu, keluarga dan suami korban sebenarnya berangkat dari Cilacap ke Godean untuk menjemput korban di rumah majikannya. Namun, upaya ini sia-sia. Majikan korban tidak mengizinkannya pergi, dengan alasan kontrak kerjanya. “Menyusul kejadian sebelumnya, sekitar 20 Maret lalu, ponsel korban diambil paksa oleh majikannya, sehingga korban tidak bisa menghubungi siapapun, termasuk keluarganya,” ujarnya.

Perlakuan majikan terhadap korban sejak itu meningkat. Para korban secara rutin dianiaya, termasuk dengan tangan, botol sirup, gagang shower, menabrak dinding dan pintu, dan dituduh mencuri dari majikan mereka. Korban sering disiram air panas dan diseret ke dalam rumah. Kemudian pada 11 April, korban dibenturkan ke tembok, bajunya dirobek dan diseret ke sebuah toko di depan rumah majikannya. Kepada orang-orang, majikan korban mengatakan korban sudah gila, sehingga sangat melukai dirinya sendiri.

Saat ada kesempatan, korban kabur dari rumah majikannya. Korban lari ke pasar minta tolong. Pasar terdekat adalah Pasar Godean. Meski dianggap gila karena pakaiannya yang compang-camping, korban akhirnya tertolong. “Karena bersimpati, penjual sayur kemudian membelikan pakaian untuk korban dan menerima uang 50 ribu rupiah sebagai ongkos pulang. Korban kemudian mendatangi pasangan suami istri yang tidak jauh dari penjual sayur itu untuk menghubungi keluarga melalui telepon genggam,” katanya. .

Korban tidak hanya meminjam telepon genggam, tetapi juga membantu korban dengan memesan ojek online untuk mengantarnya ke terminal. Korban dapat naik bus pulang dan menerima perawatan medis segera. Paralegal resmi melaporkan majikan korban ke Polda DIY pada Selasa (18 April 2022). “Operasi ini mengerikan, di mana kejahatan hukum dan kemanusiaan yang serius telah terjadi dan diklasifikasikan sebagai pelanggaran prinsip-prinsip dasar kemanusiaan,” katanya.

Saat ditanya media, Irmawati mengaku sudah tiga bulan bersama majikannya. Mulai 10 Januari 2022. Selama tiga bulan ini, ia kerap dianiaya oleh majikannya, Andre dan Bella.
Menurut Irmawati, dia menderita hampir setiap hari karena kekerasan yang terus menerus. Dia secara teratur dipukuli, diseret dan kepalanya dibenturkan ke dinding dan pintu.
Irmawati mengalami luka memar di kaki, tangan dan wajah, diduga dipukul majikannya. Tak hanya memar, kedua tangan Irmawati pun terkelupas akibat air panas yang disiramkan majikan.
“Saya sering mengalami kekerasan seperti ini, Bu, saya disiram air panas dan dipukuli di tempat kerja oleh majikan saya. Wajah, kaki, dan tangan sangat sakit,” katanya.
Tak tahan dengan kekerasan yang sering dialaminya, Irmawati memilih kabur dari pekerjaannya dan kembali ke kampung halamannya di Kabupaten Majenang. Anggota keluarga dan warga sekitar rumah korban menangis melihat kondisi fisik Irmawati, terutama luka di wajah dan tangan. (satu)



Situs Casino Online

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Mantan Kapolda Lampung Bantu Tengahi Sengketa lahan di Sukarame Bandar Lampung | Flannery;s Blog

Kirasan.idBanda Lampung – Mantan Kapolda Lampung Ike Edwin juga mengomentari sengketa tanah yang sedang berlangsung…

7 hari ago

Harga BBM Kembali Naik, simak Harga Terbarunya! | Flannery;s Blog

PT Pertamina kembali menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk tiga bahan bakar nonsubsidi. Jakarta,…

1 bulan ago

Warga Kalianda Tewas Usai Tabrak Truck Colt Disel di Jalinsum Kalianda, Begini Kronologinya! | Flannery;s Blog

Lampung, KILISAN.id – Pengendara sepeda motor Suzuki Satria meninggal di rumah sakit setelah menabrak truk…

1 bulan ago

Niat Puasa Arafah Idul Adha, Bagaimana Niatnya dan Apa Keutamaannya? | Flannery;s Blog

KILASAN.id, Lampung Di bulan Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan untuk mengamalkan puasa sunnah, seperti puasa Arafah,…

1 bulan ago

Bukti Nyata! Respek Peduli Lampung Bantu pasien Tumor Rahang hingga sembuh | Flannery;s Blog

Mujali diketahui telah menderita tumor rahang selama lebih dari setahun dan harus menjalani operasi untuk…

2 bulan ago

Cari Pemimpin Terbaik Gerakan Pramuka, Kwaran Gedongtataan adakan Musran | Flannery;s Blog

Pesawaran Gedongtaaan Quarter Scouting mengadakan Musyawarah Cabang (Musran) pada Rabu (22/6/2022) di Aula RM 6…

2 bulan ago